Wednesday, January 19, 2011

Trik Meniup Lilin

Masih dengan menggunakan bahan yang sering kita gunakan (soda kue dan cuka), kita akan meniup lilin dengan cara yang ajaib seperti sulap. Bagaimana caranya? Ikuti petunjuknya dibawah ini..

Bahan-bahan:

1. Soda kue
2. Cuka
3. Gelas transparan (agar orang bisa melihat isi di dalam gelas)
4. Lilin

Caranya:

1. Tuangkan sedikit cuka kedalam gelas
2. Tambahkan sedikit soda kue
3. Tuangkan gas yang ada dalam gelas ke lilin, maka lilin akan padam

Cara lain agar lebih terlihat ajaib adalah dengan menuangkan gas yang baru kita buat ke gelas lain yang kosong. Kemudian tuangkan gelas (yang terlihat) kosong tersebut ke lilin, maka lilin akan padam.

Bahan lain yang dapat digunakan adalah dry ice. Taruh dry ice kedalam gelas, kemudian tuangkan gas yang dihasilkan ke lilin, maka lilin akan padam. Pada dasarnya dry ice ini adalah karbon dioksida padat. Pada suhu ruangan dia akan menyublim (padat menjadi gas).

Penjelasan:

Seperti yang kita ketahui, campuran soda kue dengan cuka akan menghasilkan gas CO2. Gas ini sekitar 1.5 kali lebih berat dari udara, maka gas ini akan tetap berada di bawah. Ketika kita menuangkan gas ini, berarti kita menuangkan gas karbon dioksida ke lilin. Gas ini akan menggantikan oksigen yang berada di sekitar lilin. Akibatnya lilin akan padam karena kekurangan oksigen.

Prinsip ini juga digunakan pada salah satu jenis fire extinguisher. Prinsipnya adalah menyingkirkan oksigen dengan bahan lain yang tidak terbakar, seperti CO2.

No comments:

Post a Comment